8 Buku Tentang Investasi Terbaik Di Tahun 2022

0 Comments

Di era saat ini, ada banyak banget buku tentang investasi yang bisa kamu jadiin wawasan baru dalam berinvestasi. Apalagi kalau buku itu hasil tulisan dari investor kelas kakap yang ditulis dari pengalamannya selama bertahun-tahun.

Kamu bisa bayangkan nih, kira-kira berapa tahun yang bisa kamu hemat dengan membaca buku-buku itu. Pengalaman dan pengetahuan yang harusnya kamu dapatkan dengan jatuh bangun bertahun-tahun di dunia investasi, bisa kamu ketahui dan dapatkan dengan mudah dengan membacanya hanya dalam beberapa minggu di kamarmu.

Tapi dari sekian banyak buku yang beredar, kira-kira buku investasi apa ya yang cocok untuk para investor yang ingin belajar lebih dalam lagi tentang investasi?

Nah biar kamu gak bingung, Ngomu udah ngumpulin 8 buku investasi terbaik yang dapat meningkatkan wawasanmu terkait dunia investasi. Yuk kita cek satu per satu!

1. The Intelligent Investor

The Intelligent Investor merupakan buku yang ditulis oleh Benjamin Graham, seorang penasihat investasi terbesar pada abad ke-20. Diterbitkan pertama kali pada tahun 1949, buku yang sudah berumur lebih dari 73 tahun ini adalah buku yang harus dibaca oleh setiap investor di pasar saham. Buku ini bahkan sudah dianggap sebagai kitab suci bagi para investor.

Dari investor kelas kakap hingga para pemula, buku ini sudah memberikan dampak besar kepada semua investor di dunia pasar modal. Tak pelak, buku ini juga menarik perhatian tokoh besar dalam dunia investasi yakni Warren Buffet, dimana ia juga merekomendasikan dan menobatkan buku ini sebagai buku investasi terbaik.

Buku ini berhasil meraih kesuksesan sebagai salah satu buku dengan penjualan terbaik dimana penjualan hardcovernya bahkan mencapai lebih dari 1 juta ekslempar. Hingga saat ini, buku tersebut juga sudah berkali-kali diterbitkan ulang dan direvisi.

Sebagai legenda investor dan guru dari Warren Buffet, Benjamin Graham dikenal sebagai Father of Security Analysis, seorang ekonom kelas dunia, serta guru besar keuangan Columbia University. Tak heran, buku yang ia tulis berhasil menarik perhatian para investor karena pemaparannya yang detail, rinci dan merupakan hasil dari pengamatan, pengetahuan, serta pengalamannya selama bertahun-tahun.

Sinopsis Buku The Intelligent Investor

Kalau kita tilik isi bukunya, The Intelligent Investor membahas seputar seluk beluk dunia pasar modal serta strategi terkenal Benjamin Graham yang disebut sebagai value investing. Strategi ini memperkenalkan praktik untuk membeli saham dengan harga yang lebih rendah dengan acuan "value" nya. Atau dengan kata lain, saham yang saat ini dinilai rendah oleh pasar padahal memiliki nilai intrinsik yang jauh lebih besar.

Pada dasarnya, saham ini dipandang remeh di pasar modal oleh investor lain sehingga membuat harganya lebih murah. Harapannya, saham yang dibeli dengan harga murah ini akan meningkat di waktu mendatang ketika orang-orang mulai menyadari nilai intrinsik sesungguhnya dari aset tersebut. Buku ini akan mengupas tuntas tentang value investing dan dunia pasar modal hingga ke akar-akarnya.

Meskipun ditulis berpuluh-puluh tahun yang lalu, perkembangan pasar telah membuktikan kebenaran strategi yang ditulis Graham dalam buku ini. Hal ini menandakan strategi yang dikemukakannya terus abadi dan relevan mengikuti perkembangan zaman.

Jika kamu adalah tipe investor yang tidak ingin terganggu psikologisnya karena pergerakan harga market yang tidak menentu, maka buku ini adalah buku terbaik untuk kamu pelajari. Apalagi sudah banyak versi terbaru yang diisi komentar dan catatan-catatan kaki oleh jurnalis keuangan Jazon Zweing yang membuat buku ini nampak lebih modern walaupun berusia cukup lama, namun tentu saja tetap menjaga integritas teks aslinya.

2. The Little Book of Common Sense Investing

The Little Book of Common Sense Investing merupakan buku yang ditulis oleh founder dari salah satu perusahaan penasihat investasi terbesar di Amerika Serikat Vanguard Group inc, yakni John C. Bogle. Gagasan utama dari buku ini adalah mengajarkan para investor untuk menghasilkan untung dari pasar saham melalui investasi index fund.

Ditulis pada tahun 1999, buku yang ditulis Bogle menjadi buku terlaris dan dianggap klasik dan suci oleh para investor, terutama investor di Amerika.

Warren Buffet bahkan mengatakan bahwa Bogle telah membantu dan membimbing jutaan investor Amerika untuk mendapatkan return yang jauh lebih baik ketimbang uang mereka di tabungan.

Selama karirnya yang panjang, Bogle sebagai pencipta reksa dana indeks pertama di dunia telah mengandalkan investasi indeks untuk membantu klien Vanguard membangun kekayaan yang substansial. Melalui buku The Little Book of Common Sense Investing, dia ingin membantu para investor untuk melakukan hal yang sama.

Sinopsis Buku The Little Book of Common Sense Investing

Buku ini mengajarkan kepada kita terutama para investor pemula untuk meminimalisir resiko dalam berinvestasi saham dengan mengenalkan index fund.

Buat kamu yang masih bingung dengan apa itu index fund, jadi index fund adalah instrumen reksadana yang pengelolaannya bertujuan untuk mendapatkan return atau imbal balik yang mendekati angka yang dihasilkan oleh indeks acuan. Indeks yang dipakai ini bisa berbentuk obligasi ataupun saham. Jadi disini manajer investasi akan membuat komposisi reksadana yang sama dengan indeks acuannya.

Manajer investasi ga perlu melakukan analisis perusahaan untuk mengelola reksadana indeks. Hal itu membuat fee operasional index fund jadi jauh lebih rendah dibandingkan dengan reksadana lainnya. Selain itu, index fund ini juga punya pasar yang lebih luas sehingga bisa dijual dan dibeli kapan saja.

Menurut Bogle, portofolio yang berfokus pada index fund merupakan satu-satunya investasi yang secara efektif menjamin bagian yang adil dari return pasar saham. Dipenuhi dengan wawasan mendalam dan saran praktis, buku The Little Book of Common Sense Investing akan menunjukkan bagaimana menggabungkan strategi investasi yang telah terbukti ini ke dalam portofolio investor.

Ini juga akan mengubah cara berpikir kita tentang investasi. Investasi yang sukses itu tidak mudah, membutuhkan disiplin dan kesabaran. Tapi itu juga sederhana, karena ini semua berhubungan dengan akal sehat.

Salah satu quotes yang bagus banget dalam buku ini adalah

💡
"Successful investing is all about common sense."

- John C. Bogle

Selain itu, masih banyak banget tips dan pemaparan lainnya yang akan membuka pandangan kamu sebagai investor. Menarik banget ya bukunya Bogle yang satu ini?

3. Rich Dad Poor Dad

Kalau kamu baru pertama kali belajar keuangan, perjalananmu akan terasa seperti ada yang kurang jika kamu enggak membaca buku yang satu ini. Rich Dad Poor Dad, buku karya Robert T.Kiyosaki merupakan buku personal finance yang paling populer sepanjang masa.

Memaparkan tentang pentingnya peka akan keuangan alias finansial masa kini, buku ini wajib banget dijadikan referensi bacaan untuk kamu karena akan membantu kita untuk mencapai kebebasan finansial di zaman yang serba canggih seperti sekarang. Dalam buku ini, Robert juga mengajak para pembaca untuk berani melakukan investasi sedini mungkin untuk memperoleh passive income.

Sinopsis Rich Dad Poor Dad

Buku Rich Dad Poor Dad dimulai dengan cerita pribadi Robert sebagai penulis tentang betapa ia bekerja keras untuk menjadi seorang yang kaya. Dalam hal ini ia juga menceritakan tentang bagaimana dirinya tumbuh besar dengan ayahnya dan ayah dari temannya.

Kedua ayahnya ini memiliki pola pikir dan latar belakang yang berbeda. Ayah kandungnya yang ia sebut sebagai poor dad adalah seseorang yang menyandang gelar Ph.D dan bekerja di sebuah kantor pemerintah. Sayangnya meski memiliki gelar dan pekerjaan yang tetap, ayahnya ini mengalami kendala keuangan.

Sedangkan ayah kedua yang merupakan ayah dari temannya disebut sebagai rich dad. Meski pendidikannya hanya sebatas SMP, ayah yang satu ini memiliki bisnis di bidang retail.

Buku ini sangat menarik karena menggambarkan realitas yang terjadi di masyarakat. Rich dad mewakili mindset orang kaya, dan poor dad mengambil sudut pandang orang miskin dalam melihat dan memandang uang.

Selain itu, buku ini mengajarkan kepada kita sebagai pembaca untuk lebih memperhatikan aset dan liabilitas di sekitar kita, dan membantu untuk mendapatkan mindset atau perspektif baru tentang keuangan.

Jadi buku ini salah satu buku wajib yang cocok banget kamu miliki baik sebagai investor pemula maupun investor berpengalaman sekalipun.


4. Best on Real Estate Investing: The Book on Rental Property Investing

Investasi sebenarnya bukan hanya seputar pasar saham saja. Salah satu jalan lain untuk membangun kekayaan adalah melalui investasi properti atau real estate. Bisnis properti tidak hanya dikenal sebagai sektor yang bisa memberikan keuntungan, namun juga bisa sebagai investasi jangka panjang yang potensial.

Oleh karena itu seorang investor real estate asal Amerika, Brandon Turner, membuat buku ini. Buku ini berhasil mendapatkan rating 4.4 dari 5 situs Goodreads. Selain itu, buku ini juga berhasil terdaftar dalam The New York Times sebagai salah satu buku real estate terlaris.

Kalau kamu ingin memilih properti sebagai investasi masa depan untuk kondisi finansial yang stabil, maka buku yang satu ini cocok banget untuk kamu baca.

Terlebih untuk kamu para pemula yang belum paham dengan skema investasi yang satu ini, kamu bisa mendapatkan ilmu seputar real estate dari tingkat yang paling dasar hingga advance semuanya ada di buku ini.

Sinopsis Best on Real Estate Investing: The Book on Rental Property Investing

Di bab pertama dalam buku ini, kamu akan disuguhkan pro dan kontra terkait investasi real estate dan benefitnya yang ga akan kamu temukan dalam jenis investasi lain. Setelah itu, kamu akan diperlihatkan fenomena mengapa banyak sekali investor real estate yang gagal, kesalahan-kesalahan umum yang mereka lakukan dan apa faktor yang menjadi penyebab gagalnya. Dari hal ini, kamu akan mendapatkan berbagai insight dan saran agar tidak mengulangi kesalahan yang serupa dan menjadi seorang yang sukses dalam investasi ini.

Selain itu, kamu juga akan dijelaskan beberapa tips memulai bisnis properti dan cara menganalisisnya. Mulai dari kiat kreatif untuk menemukan penawaran properti yang luar biasa, serta contoh gambaran tentang investasi real estate dalam kehidupan nyata.

Berbagai strategi dan ilmu praktis yang dipaparkan dengan rinci dan detail akan memudahkan pembaca terutama investor muda untuk menerapkannya di kehidupan secara langsung. Kamu akan menemukan berbagai saran tentang bagaimana membangun investasi propertimu sendiri dan menjadikannya sumber pemasukan yang luar biasa terutama di masa yang akan datang.


5. A Beginner's Guide to the Stock Market

Kamu pemula dalam dunia saham? Jangan khawatir, karena buku ini adalah salah satu buku terbaik yang bisa memandu kamu dalam memahami dasar-dasar dunia pasar modal.

Buku ini ditulis oleh salah satu penulis buku terlaris sekaligus manajer investasi yang bernama Matthew Kratter. Kratter merupakan founder dari Trader University, sebuah platform edukasi untuk membantu orang-orang menerima keuntungan dari pasar modal.

Dengan lebih dari 20 tahun pengalaman dalam industri investasi, Kratter memberikan banyak pengetahuan dan wawasan terutama bagi pemula tentang bagaimana trader dan investor professional mendekati dan bermain dalam pasar modal.

Sinopsis A Beginner's Guide to the Stock Market

Menelisik isi dari buku ini, kamu akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang perlu banget kamu ketahui sebelum masuk ke pasar saham. Mulai dari yang dasar seperti apa itu pasar saham, konsepnya, bagaimana menghasilkan passive income dari saham, dan sebagainya.

Selain itu, buku ini juga banyak memuat tips and trik yang dibagikan Kratter dengan pengalamannya selama ini. Seperti cara menghindari kesalahan terutama bagi pemula yang sering terjadi, tips mengenali saham yang akan membumbung tinggi, cara memilih saham seperti Warren Buffet, hingga bagaimana caranya kita menghasilkan uang dari pasar saham secara konsisten sebagai seorang pemula.

Untuk kamu yang baru banget mengenal investasi saham, buku ini cocok banget untuk jadi panduan dan peta kamu dalam menjelajahi pasar saham.


6. One Up on Wall Street

Ingin ilmu kamu naik satu tingkat di pasar saham? Jawabannya adalah baca buku karangan dari salah satu legenda Wallstreet ini! Buku karya Peter Lynch ini akan membantumu sebagai seorang investor untuk menemukan peluang-peluang yang kemungkinan muncul di pasar.

Peter Lynch sang penulis buku merupakan manajer portofolio di perusahaan manajer investasi reksadana Magellan Fund di Fidelity Investment, Amerika Serikat. Ia disebut sebagai salah satu legenda dalam pasar saham setelah berhasil berkali-kali investasi di saham yang menjadi Tenbagger alias saham yang tumbuh hingga 10 kali lipat.

Tenbagger adalah istilah yang dikemukakan oleh Peter Lynch, dimana di dalam buku ini kita akan mendapatkan cara dan trik dari Lynch untuk menemukan saham yang naiknya bisa 10 kali lipat dari harga awal ketika kita membelinya.

Buku ini menjadi terkenal karena memperlihatkan pendekatan investasi dari kacamata seorang amatir, jadi bagaimana seorang amatir mampu mengelola portofolionya sendiri bahkan mengalahkan indeks lebih dari para professional di Wallstreet.

Dengan penjelasannya yang tidak terlalu teknis dan mudah dipahami bahkan bagi mereka yang tidak punya pengalaman dan latar belakang keuangan, menjadikan buku ini sebagai salah satu favorit para investor dari segala kalangan untuk menemukan saham-saham terbaik di pasar modal.

Sinopsis One Up on Wall Street

Peter Lynch dalam bukunya ini banyak memperlihatkan fakta bahwa seorang amatir punya kesempatan mengalahkan para professional di Wallstreet. Menurutnya para professional ini punya banyak kekurangan karena terletak pada besaran dana yang dikelola dan mereka diwajibkan untuk main aman.

Dengan mengelolanya sendiri, investor bisa punya kuasa untuk menentukan kapan harus beli dan jual, serta tidak perlu menjelaskan kepada siapapun terkait keputusan investasimu. Bisa jadi para amatir ini tahu lebih baik dari para professional.

Selain itu, buku ini juga banyak mengemukakan tanda-tanda saham tenbagger yang mungkin banyak orang tidak menyadarinya. Tips dan trik dari Lynch juga banyak disematkan, seperti kapan kita harus menjual saham kita, apa jenis saham yang kayak kita pegang bertahun-tahun, apakah kita harus mempercayai perkataan analis, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang ingin belajar lebih dalam lagi terkait pasar modal, buku ini adalah salah satu rekomendasi yang bisa membantu kamu selangkah lebih maju dari investor-investor lain.


7. Technical Analysis For Mega Profit

Di pasar keuangan biasanya dikenal ada dua tipe investor. Pertama adalah mereka yang memiliki time horizon yang lebih panjang (investor) dan kedua mereka yang memiliki time horizon jauh lebih pendek (trader). Buku-buku yang sudah Ngomu sebutkan sebelumnya sebenarnya adalah buku-buku yang cocok untuk mereka para investor.

Dan berbeda dengan para investor, para trader memiliki caranya tersendiri dalam menganalisa pasar. Nah, buku yang satu ini merupakan buku yang sangat cocok untuk dibaca oleh mereka para trader, khususnya mereka yang masih pemula dan belum menemukan gaya tradingnya di pasar keuangan.

Ditulis oleh Edianto Ong, seorang professional dalam bidang foreign exchange dan trading asal Indonesia, buku ini akan menjadi panduan kamu dengan banyak memaparkan analisa teknikal sebagai dasar sebelum melakukan trading.

Sinopsis Technical Analysis For Mega Profit

Dalam buku ini, ada banyak banget penjelasan metode-metode untuk mengevaluasi saham yang bisa kamu terapin. Metode ini dapat menganalisis statistik kegiatan pasar di masa lalu untuk memprediksi pergerakan di masa depan.

Di bab pertama buku ini, kamu akan diajak berkenalan terlebih dahulu tentang teknikal analisis dan sejarahnya. Setelahnya kamu akan dipaparkan terkait parameter waktu pada charts, trend, garis support dan resistance, dan lain sebagainya. Buku ini juga memiliki banyak tips dan trik yang ditulis oleh Edianto selama pengalamannya selama ini, seperti mengantisipasi false breakout hingga merevisi trendline.

Nah hal-hal yang dituliskan tersebut merupakan kunci kesuksesan dari sebuah trading. Kalau kamu ingin mendapatkan profit konsisten dari trading atau mungkin kamu sudah mencoba menjalaninya tapi belum berhasil, maka buku ini adalah hal yang kalian butuhkan.

Karena ditulis dalam bahasa Indonesia dan dipenuhi contoh serta grafik pendukung, buku ini akan membuat kamu jadi lebih mudah memahami dan mempraktekkannya secara langsung di pasar modal!


8. Investasi Saham Ala Fundamentalis Dunia

Buku rekomendasi terakhir dari Ngomu yang satu ini adalah buku karya seorang investor kelas kakap asal Indonesia yang sudah begitu banyak mencetak penghargaan.

Buku Investasi Ala Fundamentalis Dunia adalah buku karya Ryan Filbert dan William Prasetya, dua orang pemuda yang telah berkecimpung dalam dunia pasar modal selama belasan tahun dan berhasil menjadi sosok inspiratif di pasar modal hingga diundang menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan dan event investasi di Indonesia.

Mengutip dari isi bukunya “Ini adalah buku praktis bagaimana seorang investor dunia melihat laporan keuangan (analisis fundamental) dalam memilih saham untuk di investasikan", buku ini akan banyak membahas seputar cara membaca laporan keuangan untuk mengetahui apakah perusahaan incaran kita sedang ‘sehat’ atau ‘sakit’.

Jika kamu merasa bahwa buku-buku sebelumnya susah untuk dipahami karena karya orang luar negeri, maka buku satu ini akan membantumu. Buku ini selain menggunakan bahasa Indonesia, tata bahasa yang digunakan juga sangat mudah dipahami dan dilengkapi ilustrasi sederhana yang membuat para investor terutama pemula mudah mempelajarinya.

Sinopsis Investasi Saham Ala Fundamentalis Dunia

Seorang investor yang ingin membeli saham tentu saja perlu mengetahui ‘rekam medis’ perusahaan incarannya. Nah dalam buku ini, ada banyak banget komponen-komponen penting yang dituliskan untuk mengetahui ‘rekam medis’ perusahaan dan cara menganalisis sahamnya.

Di bab pertama, kamu akan langsung disuguhkan terkait pentingnya pencatatan keuangan dan bagaimana memahami laporan keuangan untuk mengetahui kinerja perusahaan. Setelah itu, para pembaca akan diajak untuk mengetahui pentingnya seorang investor untuk melakukan analisis laba rugi pada sebuah perusahaan sebelum berinvestasi, analisis cash flow perusahaan dengan cara yang sederhana hingga membahas terkait valuasi harga atau nilai dari saham.

Selain itu, dalam buku ini juga banyak terdapat tips-tips dari Ryan dan William untuk para investor seperti cara mencari saham “emas” tersembunyi, cara ‘curang’ membaca laporan keuangan, dan lainnya.

Buku ini cocok untuk kamu yang baru memulai investasi di pasar modal, maupun kamu yang sudah berpengalaman. Dengan penjelasannya yang ringan, disertai contoh-contoh simple, dan perhitungan sederhana, buku ini dapat mudah dimengerti oleh semua kalangan sekalipun.


Itu dia 8 buku-buku investasi dan keuangan terbaik yang pernah ada versi Ngomu. Sangat rugi rasanya kalau kamu sebagai seorang investor tidak mencoba untuk mempelajari ilmu di dalam buku-buku tersebut. Apalagi buku-buku di atas harganya hanya berkisar beberapa ratus ribu saja di toko online maupun offline.

Terkait hal tersebut, Sobat ngomu perlu menanamkan mindset nih bahwa apa yang kamu beli itu bukan buku yang tebalnya hingga ratusan halaman. Tapi apa yang kamu beli adalah pengalaman dan ilmu yang telah dikumpulkan oleh penulisnya selama bertahun-tahun hidupnya dan di tuangkan di atas secarik kertas. Beberapa puluh atau ratus ribu sebenarnya harga yang sangat murah untuk mengambil pelajaran dari pengalaman mereka tersebut.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk mulai baca buku-buku investasi ini untuk memperlengkap pengetahuan dan wawasan kamu dalam berinvestasi. Kalau kamu ada buku rekomendasi lain, coba share di kolom komentar ya!


💡
Suka dengan konten keuangan dari ngomongin uang? Yuk bantu kami untuk meningkatkan literasi keuangan seluruh masyarakat Indonesia dengan share artikel ini ke teman-teman kamu. Kamu juga bisa mendapatkan literasi keuangan yang jauh lebih lengkap lagi melalui instagram, tiktok, twitter dan terutama youtube ngomongin uang.

Jangan lupa untuk nantikan terus konten keuangan dari ngomongin uang, karena ngomongin uang gak ada habisnya!

Comments